Tabel
10-1 Perkembangan Baru Dalam
E-Commerce
|
Transformasi
Bisnis
|
Gelombang
pertama e-commerce telah mengubah dunia bisnis dari buku, musik, dan
perjalanan udara. Dalam gelombang kedua, delapan industri baru menghadapi
skenario perubahan yang sama : telepon, film, televisi, perhiasan, perumahan,
hotel, pembayaran tagihan, dan peranti lunak.
|
Luasnya
pertumbuhan yang ditawarkan oleh e-commerce, khususnya di industri
perjalanan, pusat kliring informasi, hiburan, pakaian, serta perlengkapan dan
peralatan rumah.
|
Demografi
orang-orang yang belanja secara online semakin meluas, hingga menyamai
demografis untuk pembeli umum.
|
Model
bisnis e-commerce yang murni akan diubah lebih jauh lagi untuk menghasilkan
keuntungan yang lebih tinggi, sementara itu merek-merek eceran tradisional, seperti
Sears,J.C.Penney, dan Wal-Mart, akan menggunakan e-commerce untuk
mempertahankan posisi dominan mereka di dunia eceran.
|
Perusahaan
kecil dan wirausaha ikut meramaikan pasar e-commerce, yang sering kali
menggunakan infrastruktur yang dihasilkan oleh perusahaan besar, seperti
Amazon, eBay, dan Overture.
|
Fondasi
Teknologi
|
Kocepat.neksi
internet nirkabel (Wi-Fi, WiMax, dan telepon 3G) telah bertumbuh cepat
|
Podcasting
muncul sebagai medium baru untuk distribusi radio dan muatan yang diciptakan
oleh pengguna.
|
Fondasi
broadband Internet menjadi lebih banyak digunakan di rumah tangga dan
perusahaan, yang membuat biaya transmisi menurun. Lebih dari 42 juta rumah
tangga memiliki kabel broadband atau akses DSL ke Internet pada tahun 2005-
sekitar 38 persen dari semua rumah tangga (eMarketer,2006)
|
RSS (Rich
Site Summary) atau Really Simple Syndication) telah bertumbuh menjadi bentuk
distribusi informasi baru yang dikendalikan oleh pengguna, yang menyaingi
e-mail dalam beberapa aplikasi.
|
Harga komponen komputasi dan jaringan terus
menurun secara drastis.
|
Model-model komputasi baru yang berbasis
Internet, seperti .NET dan layanan Web memperluas peluang B2B.
|
Munculnya
Model Bisnis Baru
|
Muatan
yang diciptakan oleh pengguna dan sindikasinya dalam bentuk blog dan jaringan
sosial telah bertumbuh untuk membentuk forum buatan sendiri yang benar-benar
baru. Para pengiklan mulai memanfaatkan peluang dari blog
dan situs sosial sebagai media komersial baru.
|
Koran dan media tradisional lainnya mulai
menggunakan bentuk interaktif dan online.
|
Lebih dari separuh populasi Internet
bergabung dalam suatu kelompok sosial di Internet.
|
Tabel 10-2 TUJUH KELEBIHAN
UNUK DARI TEKNOLOGI
E-COMMERCE
|
||
No.
|
Dimensi Teknologi E-Commerce
|
Manfaat Bagi Perusahaan
|
1.
|
Ada dimana-mana.Internet/teknologi
Web tersedia dimana-mana: di kantor, di rumah, dan di tempat lainnya melalui
peralatan yang mudah dibawa, kapanpun juga
|
Pengertian pasar diperluas melebihi batas
tradisional dan bergeser dari sekadar lokasi geografis yang bersifat
sementara. "Ruang pasar" diciptakan; belanja dapat dilakukan dimana
pun. Kenyamanan pelanggan meningkat, dan biaya berbelanja menurun.
|
2.
|
Menjangkau seluruh dunia. Teknologi ini
jangkauannya melebihi batas negara, di seluruh dunia.
|
Perdagangan sangat dimungkinkan terjadi
melintasi batas budaya dan negara dengan lancar dan tak termodifikasi. Pasar
potensialnya mencakup miliaran pelanggan dan jutaan perusahaan di seluruh
dunia.
|
3
|
Standar Universal. Ada sekumpulan standar
teknologi, yang disebut standar internet
|
Dengan sekumpulan standar teknik yang
digunakan oleh seluruh dunia, sistem-sistem komputer yang berbeda dapat
berkomunikasi dengan mudah satu sama lain.
|
4
|
Kaya manfaat. Teknologi ini memungkinkan
pesan video, audio, dan teks.
|
Pesan pemasaran
dalam bentuk video, audio, dan teks terintegrasi ke dalam sebuah pesan
pemasaran tunggal dan pengalaman bagi pelanggan.
|
5
|
Interaktif. Teknologi ini bekerja melalui
interaksi dengan penggunanya.
|
Pelanggan terlibat dalam dialog yang secara
dinamis menyesuaikan pengalamannya pada dirinya, dan membuat dirinya turut
terlibat dalam proses penyampaian barang ke pasar.
|
6
|
Kepadatan Informasi. Teknologi ini mengurangi
biaya dari informasi dan meningkatkan kualitas.
|
Biaya pemrosesan, penyimpanan dan penyampaian
informasi menurun drastis, juga sementara kekinian, akurasi, dan ketepatan
waktunya meningkat pesat. Informasi menjadi lebih banyak, lebih murah, lebih akurat.
|
7
|
Personalisasi/penyesuaian. Teknologi ini
memungkinkan pesan yang bersifat pribadi dikirimkan ke perorangan, juga ke
kelompok
|
Personalisasi pesan pemasaran dan penyesuaian
produk dan layanan disesuaikan dengan karakteristik perorangan.
|
Konsep
Utama Dalam E-Commerce: Pasar Digital dan Barang Digital
Pasar digital sangat fleksibel dan efisien
karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, biaya
menu yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga
dengan dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar.
Pasar digital dapat mengurangi atau menambah
biaya penggantian, bergantung pada sifat produk atau layanan yang dijual, dan
dapat menyebabkan penundaan kepuasan
Barang digital (digital goods) adalah
barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Musik, video, peranti
lunak, koran, majalah, dan buku semuanya dapat dinyatakan, disimpan, dikirim,
dan dikual sebagai barang yang benar-benar digital.
.
Tabel 10-3
Pasar Digital VS Pasar Tradisional
|
||
Pasar Digital
|
Pasar Tradisional
|
|
Ketimpangan
Informasi
|
Ketimpangan
berkurang
|
Ketimpangan
tinggi
|
Biaya
Pencarian
|
Rendah
|
Tinggi
|
Biaya
Transaksi
|
Rendah (terkadang bahkan tidak ada)
|
Tinggi
(waktu, perjalanan)
|
Penundaan
Kepuasan
|
Tinggi (atau rendah untuk kasus barang
digital)
|
Rendah:
Pembelian dilakukan saat ini juga
|
Biaya
Menu
|
Rendah
|
Tinggi
|
Penentuan
Harga Dinamis
|
Biaya
rendah, cepat
|
Biaya
tinggi, tertunda
|
Diskriminasi
Harga
|
Biaya
rendah, cepat
|
Harga
tinggi, tertunda
|
Segmentasi
Pasar
|
Biaya
rendah, ketepatan menengah
|
Harga
tinggi, kurang tepat
|
Biaya
Penggantian
|
Tinggi/rendah
(tergantung barangnya)
|
Tinggi
|
Pengaruh
Jaringan
|
Kuat
|
Lemah
|
Disintermediasi
|
Sangat
mungkin terjadi
|
Kurang
mungkin terjadi
|
Model
Bisnis Internet
|
||
Kategori
|
Penjelasan
|
Contoh
|
Toko
Virtual
|
Menjual produk fisik langsung kepada pengguna
perorangan atau perusahaan.
|
Amazon.com
RedEnvelope.com
|
Perantara
Informasi
|
Menyediakan informasi barang, harga, dan
ketersediaan kepada pembeli perorangan dan perusahaan. Memperoleh pendapatan
dan iklan atau dari mempertemukan pembeli dengan penjual.
|
Edmunds.com
Insweb.com Realtor.com
|
Perantara
Transaksi
|
Menghemat biaya dan waktu pengguna dengan
memproses transaksi penjualan secara online dan mengenakan biaya untuk
setiap transaksi yang terjadi. Juga menyediakan informasi tarif dan ketentuan yang
berlaku.
|
E*Trade.com
Expedia.com
|
Pasar online
|
Menyediakan lingkungan digital dimana pembeli
dan penjual dapat bertemu, mencari barang, menunjukkan barang, dan menetapkan
harga barang. Dapat menyediakan fungsi lelang atau lelang balik secara online
dimana pembeli memberikan penawarannya kepada banyak penjual untuk
membeli pada harga yang diinginkan pembeli atau pada harga yang telah
disepakati, atau dengan harga tetap. Dapat melayani konsumen atau e-commerce B2B,
memperoleh pendapatan dari biaya transaksi.
|
eBay.com
Priceline.com ChemConnect.com
|
Penyedia Muatan
|
Memperoleh pendapatan dengan menyediakan
muatan digital, seperti berita, musik, foto, atau video digital, melalui Web.
Pelanggan mungkin harus membayar untuk dapat mengaksesnya, atau pendapatan
dapat dihasilkan dengan menjual ruang untuk iklan.
|
WSJ.com iTunes.com Games.com
|
Penyedia
Layanan online
|
Memberikan
layanan online untuk perorangan atau perusahaan, memperoleh pendapatan dari
pendaftaran atau biaya transaksi, dari iklan, atau dari pengumpulan informasi
pasar tentang para penggunanya.
|
Streamload.com
Xdrive.com Ofoto.com
|
Komunitas
Virtual
|
Menyediakan tempat pertemuan online
dimana orang-orang dengan minat sama dapat berkomunikasi dan mendapatkan
informasi yang bermanfaat.
|
Youtube.com
MySpace.com
|
Portal
|
Menyediakan
titik awal untuk memasuki Web bersama dengan muatan-muatan khusus dan layanan
lainnya.
|
Yahoo.com
MSN.com
|
Jenis-jenis E-Commerce
a.
E-commerce bisnis ke konsumen (B2C)
melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada
pembeli perorangan. Contoh: Barnesandnoble.com, yang menjual buku, peranti
lunak, dan musik kepada konsumen perorangan.
b.
E-commerce bisnis ke bisnis (B2B)
melibatkan
penjualan produk dan layanan antarperusahaan.
Contoh : situs Web ChemConnect.
c. E-commerce konsumen ke konsumen
(C2C)
melibatkan
konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.
Contoh :
eBay.com
Mencapai
Kedekatan Dengan Pelanggan
Pemasaran
Interaktif dan Personalisasi
Internet
dan e-commerce telah membantu beberapa penjual mendapatkan apa yang
diidam-idamkan dalam dunia pemasaran;
Sistem
Pembayaran
|
Penjelasan
|
Contoh
|
Sistem pembayaran kartu kredit digital (digital credit
card payment system)
|
Laporan yang aman untuk
pembayaran kartu kredit melalui internet yang melindungi informasi yang ditransmisikan
antara pengguna, situs penjual, dan bank yang melakukan pemrosesan
|
eCharge
|
Dompet digital (digital wallet)
|
Peranti lunak yang menyimpan
informasi kartu kredit dan informasi lainnya untuk mendukung fungsi pengisian
formulir dan pembayaran barang melalui Web
|
Q*Wallet, Google Toolbar Autofill
|
Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi (Accumulated
balance digital payment system)
|
Mengakumulasikan pembayaran mikro pembelian sebagai saldo
debit yang harus dibayar secara berkala melalui kartu kredit atau tagihan
telepon.
|
Qpass, Valista, Peppercoin
|
Sistem pembayaran nilai tersimpan (stored payment
system)
|
Memungkinkan konsumen melakukan
pembayaran langsung kepada penjual didasarkan pada nilai yang tersimpan dalam
rekening digital
|
eCount, Mondex card
|
Uang tunai digital (digital
cash)
|
Mata uang digital yang dapat
digunakan untuk pembayaran mikro atau pembelian dalam jumlah besar
|
ClearBit
|
Sistem pembayaran rekan ke rekan (peer-to-peer payment
system)
|
Mengirimkan uang menggunakan Web ke seseorang atau penjual
yang tidak memiliki sarana untuk menerima pembayaran kartu kredit
|
PayPal
|
Cek digital
|
Cek elektronik dengan tanda
tangan digital untuk pengamanan
|
eCheck
|
Sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik (electronic
billing presentment and payment systems)
|
Mendukung pembayaran elektronik untuk pembelian barang
secara online maupun secara fisik untuk produk dan layanan setelah pembeliannya
dilakukan.
|
Bill Pay, CheckFree, Yahoo!
|
M-Co
M-Commerce
M-Commerce menngunakan Internet dalam pembelian
produk dan layanan selain juga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile
nirkabel.
Aplikasi dan Layanan M-Commerce
1.
Layanan Berbasis Muatan dan Lokasi
Contoh
: mencari hotel dan restoran setempat, mengamati lalu lintas dan cuaca lokal,
dan menyediakan personalisasi pemasaran berdasarkan lokasi.
2.
Layanan Perbankan dan Keuangan
Contoh :
Citibank menawarkan pemberitahuan nirkabel jika terjadi perubahan dalam
informasi rekening melalui telepon seluler digital yang mendukung pesan teks
atau akses Web.
3.
Periklanan Nirkabel
Contoh :
iklan sponsor Yahoo! Yang muncul pada daftar hasil pencarian menggunakan go2 Mobile
Directory saat mencari data restoran atau bioskop.
4.
Permainan dan Hiburan
Contoh :
Layanan telepon gennggam saat ini menawarkan berbagai permainan digital dan
nada dering yang dapat diunduh
Keuntungan dan kelebihan dari pasar digital?
ReplyDelete