Wednesday, June 27, 2012

E-Commerce : Pasar Digital, Barang Digital

Tabel 10-1  Perkembangan Baru Dalam E-Commerce
Transformasi Bisnis
Gelombang pertama e-commerce telah mengubah dunia bisnis dari buku, musik, dan perjalanan udara. Dalam gelombang kedua, delapan industri baru menghadapi skenario perubahan yang sama : telepon, film, televisi, perhiasan, perumahan, hotel, pembayaran tagihan, dan peranti lunak.
Luasnya pertumbuhan yang ditawarkan oleh e-commerce, khususnya di industri perjalanan, pusat kliring informasi, hiburan, pakaian, serta perlengkapan dan peralatan rumah.
Demografi orang-orang yang belanja secara online semakin meluas, hingga menyamai demografis untuk pembeli umum.
Model bisnis e-commerce yang murni akan diubah lebih jauh lagi untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, sementara itu merek-merek eceran tradisional, seperti Sears,J.C.Penney, dan Wal-Mart, akan menggunakan e-commerce untuk mempertahankan posisi dominan mereka di dunia eceran.
Perusahaan kecil dan wirausaha ikut meramaikan pasar e-commerce, yang sering kali menggunakan infrastruktur yang dihasilkan oleh perusahaan besar, seperti Amazon, eBay, dan Overture.
Fondasi Teknologi
Kocepat.neksi internet nirkabel (Wi-Fi, WiMax, dan telepon 3G) telah bertumbuh cepat
Podcasting muncul sebagai medium baru untuk distribusi radio dan muatan yang diciptakan oleh pengguna.
Fondasi broadband Internet menjadi lebih banyak digunakan di rumah tangga dan perusahaan, yang membuat biaya transmisi menurun. Lebih dari 42 juta rumah tangga memiliki kabel broadband atau akses DSL ke Internet pada tahun 2005- sekitar 38 persen dari semua rumah tangga (eMarketer,2006)
RSS (Rich Site Summary) atau Really Simple Syndication) telah bertumbuh menjadi bentuk distribusi informasi baru yang dikendalikan oleh pengguna, yang menyaingi e-mail dalam beberapa aplikasi.
Harga komponen komputasi dan jaringan terus menurun secara drastis.
Model-model komputasi baru yang berbasis Internet, seperti .NET dan layanan Web memperluas peluang B2B.
Munculnya Model Bisnis Baru
Muatan yang diciptakan oleh pengguna dan sindikasinya dalam bentuk blog dan jaringan sosial telah bertumbuh untuk membentuk forum buatan sendiri yang benar-benar baru. Para pengiklan mulai memanfaatkan peluang dari blog dan situs sosial sebagai media komersial baru.
Koran dan media tradisional lainnya mulai menggunakan bentuk interaktif dan online.
Lebih dari separuh populasi Internet bergabung dalam suatu kelompok sosial di Internet.

Tabel 10-2 TUJUH  KELEBIHAN  UNUK  DARI  TEKNOLOGI  E-COMMERCE
No.
Dimensi Teknologi E-Commerce
Manfaat Bagi Perusahaan
1.
Ada dimana-mana.Internet/teknologi Web tersedia dimana-mana: di kantor, di rumah, dan di tempat lainnya melalui peralatan yang mudah dibawa, kapanpun juga
Pengertian pasar diperluas melebihi batas tradisional dan bergeser dari sekadar lokasi geografis yang bersifat sementara. "Ruang pasar" diciptakan; belanja dapat dilakukan dimana pun. Kenyamanan pelanggan meningkat, dan biaya berbelanja menurun.
2.
Menjangkau seluruh dunia. Teknologi ini jangkauannya melebihi batas negara, di seluruh dunia.
Perdagangan sangat dimungkinkan terjadi melintasi batas budaya dan negara dengan lancar dan tak termodifikasi. Pasar potensialnya mencakup miliaran pelanggan dan jutaan perusahaan di seluruh dunia.
3
Standar Universal. Ada sekumpulan standar teknologi, yang disebut standar internet
Dengan sekumpulan standar teknik yang digunakan oleh seluruh dunia, sistem-sistem komputer yang berbeda dapat berkomunikasi dengan mudah satu sama lain.
4
Kaya manfaat. Teknologi ini memungkinkan pesan video, audio, dan teks.
Pesan pemasaran dalam bentuk video, audio, dan teks terintegrasi ke dalam sebuah pesan pemasaran tunggal dan pengalaman bagi pelanggan.
5
Interaktif. Teknologi ini bekerja melalui interaksi dengan penggunanya.
Pelanggan terlibat dalam dialog yang secara dinamis menyesuaikan pengalamannya pada dirinya, dan membuat dirinya turut terlibat dalam proses penyampaian barang ke pasar.
6
Kepadatan Informasi. Teknologi ini mengurangi biaya dari informasi dan meningkatkan kualitas.
Biaya pemrosesan, penyimpanan dan penyampaian informasi menurun drastis, juga sementara kekinian, akurasi, dan ketepatan waktunya meningkat pesat. Informasi menjadi lebih banyak, lebih murah, lebih akurat.
7
Personalisasi/penyesuaian. Teknologi ini memungkinkan pesan yang bersifat pribadi dikirimkan ke perorangan, juga ke kelompok
Personalisasi pesan pemasaran dan penyesuaian produk dan layanan disesuaikan dengan karakteristik perorangan.


Konsep Utama Dalam E-Commerce: Pasar Digital dan Barang Digital
Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang sangat kecil, biaya menu yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga dengan dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar.
Pasar digital dapat mengurangi atau menambah biaya penggantian, bergantung pada sifat produk atau layanan yang dijual, dan dapat menyebabkan penundaan kepuasan
Barang digital (digital goods) adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Musik, video, peranti lunak, koran, majalah, dan buku semuanya dapat dinyatakan, disimpan, dikirim, dan dikual sebagai barang yang benar-benar digital.
.
Tabel 10-3  Pasar Digital VS Pasar Tradisional


Pasar Digital
Pasar Tradisional
Ketimpangan Informasi
Ketimpangan berkurang
Ketimpangan tinggi
Biaya Pencarian
Rendah
Tinggi
Biaya Transaksi
Rendah (terkadang bahkan tidak ada)
Tinggi (waktu, perjalanan)
Penundaan Kepuasan
Tinggi (atau rendah untuk kasus barang digital)
Rendah: Pembelian dilakukan saat ini juga
Biaya Menu
Rendah
Tinggi
Penentuan Harga Dinamis
Biaya rendah, cepat
Biaya tinggi, tertunda
Diskriminasi Harga
Biaya rendah, cepat
Harga tinggi, tertunda
Segmentasi Pasar
Biaya rendah, ketepatan menengah
Harga tinggi, kurang tepat
Biaya Penggantian
Tinggi/rendah (tergantung barangnya)
Tinggi
Pengaruh Jaringan
Kuat
Lemah
Disintermediasi
Sangat mungkin terjadi
Kurang mungkin terjadi

Model Bisnis Internet


Kategori
Penjelasan
Contoh
Toko Virtual
Menjual produk fisik langsung kepada pengguna perorangan atau perusahaan.
Amazon.com RedEnvelope.com
Perantara Informasi
Menyediakan informasi barang, harga, dan ketersediaan kepada pembeli perorangan dan perusahaan. Memperoleh pendapatan dan iklan atau dari mempertemukan pembeli dengan penjual.
Edmunds.com Insweb.com Realtor.com
Perantara Transaksi
Menghemat biaya dan waktu pengguna dengan memproses transaksi penjualan secara online dan mengenakan biaya untuk setiap transaksi yang terjadi. Juga menyediakan informasi tarif dan ketentuan yang berlaku.
E*Trade.com Expedia.com
Pasar online
Menyediakan lingkungan digital dimana pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari barang, menunjukkan barang, dan menetapkan harga barang. Dapat menyediakan fungsi lelang atau lelang balik secara online dimana pembeli memberikan penawarannya kepada banyak penjual untuk membeli pada harga yang diinginkan pembeli atau pada harga yang telah disepakati, atau dengan harga tetap. Dapat melayani konsumen atau e-commerce B2B, memperoleh pendapatan dari biaya transaksi.
eBay.com Priceline.com ChemConnect.com
Penyedia Muatan
Memperoleh pendapatan dengan menyediakan muatan digital, seperti berita, musik, foto, atau video digital, melalui Web. Pelanggan mungkin harus membayar untuk dapat mengaksesnya, atau pendapatan dapat dihasilkan dengan menjual ruang untuk iklan.
WSJ.com iTunes.com Games.com
Penyedia Layanan online
Memberikan layanan online untuk perorangan atau perusahaan, memperoleh pendapatan dari pendaftaran atau biaya transaksi, dari iklan, atau dari pengumpulan informasi pasar tentang para penggunanya.
Streamload.com Xdrive.com Ofoto.com
Komunitas Virtual
Menyediakan tempat pertemuan online dimana orang-orang dengan minat sama dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang bermanfaat.
Youtube.com MySpace.com
Portal
Menyediakan titik awal untuk memasuki Web bersama dengan muatan-muatan khusus dan layanan lainnya.
Yahoo.com MSN.com



Jenis-jenis E-Commerce
a.       E-commerce bisnis ke konsumen (B2C)
melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan. Contoh: Barnesandnoble.com, yang menjual buku, peranti lunak, dan musik kepada konsumen perorangan.

b.      E-commerce bisnis ke bisnis (B2B)
melibatkan penjualan produk dan layanan antarperusahaan.
Contoh : situs Web ChemConnect.

c.       E-commerce konsumen ke konsumen (C2C)
melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.
Contoh : eBay.com
Mencapai Kedekatan Dengan Pelanggan
Pemasaran Interaktif dan Personalisasi
Internet dan e-commerce telah membantu beberapa penjual mendapatkan apa yang diidam-idamkan dalam dunia pemasaran;

Sistem Pembayaran
Penjelasan
Contoh
Sistem pembayaran kartu kredit digital (digital credit card payment system)
Laporan yang aman untuk pembayaran kartu kredit melalui internet yang melindungi informasi yang ditransmisikan antara pengguna, situs penjual, dan bank yang melakukan pemrosesan
eCharge
Dompet digital (digital wallet)
Peranti lunak yang menyimpan informasi kartu kredit dan informasi lainnya untuk mendukung fungsi pengisian formulir dan pembayaran barang melalui Web
Q*Wallet, Google Toolbar Autofill
Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi (Accumulated balance digital payment system)
Mengakumulasikan pembayaran mikro pembelian sebagai saldo debit yang harus dibayar secara berkala melalui kartu kredit atau tagihan telepon.
Qpass, Valista, Peppercoin
Sistem pembayaran nilai tersimpan (stored payment system)
Memungkinkan konsumen melakukan pembayaran langsung kepada penjual didasarkan pada nilai yang tersimpan dalam rekening digital
eCount, Mondex card
Uang tunai digital (digital cash)
Mata uang digital yang dapat digunakan untuk pembayaran mikro atau pembelian dalam jumlah besar
ClearBit
Sistem pembayaran rekan ke rekan (peer-to-peer payment system)
Mengirimkan uang menggunakan Web ke seseorang atau penjual yang tidak memiliki sarana untuk menerima pembayaran kartu kredit
PayPal
Cek digital
Cek elektronik dengan tanda tangan digital untuk pengamanan
eCheck
Sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik (electronic billing presentment and payment systems)
Mendukung pembayaran elektronik untuk pembelian barang secara online maupun secara fisik untuk produk dan layanan setelah pembeliannya dilakukan.
Bill Pay, CheckFree, Yahoo!

M-Co
M-Commerce
M-Commerce menngunakan Internet dalam pembelian produk dan layanan selain juga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel.

Aplikasi dan Layanan M-Commerce
1.      Layanan Berbasis Muatan dan Lokasi
   Contoh : mencari hotel dan restoran setempat, mengamati lalu lintas dan cuaca lokal, dan menyediakan personalisasi pemasaran berdasarkan lokasi.

2. Layanan Perbankan dan Keuangan
Contoh : Citibank menawarkan pemberitahuan nirkabel jika terjadi perubahan dalam informasi rekening melalui telepon seluler digital yang mendukung pesan teks atau akses Web.

3. Periklanan Nirkabel
Contoh : iklan sponsor Yahoo! Yang muncul pada daftar hasil pencarian menggunakan go2 Mobile Directory saat mencari data restoran atau bioskop.

4. Permainan dan Hiburan
Contoh : Layanan telepon gennggam saat ini menawarkan berbagai permainan digital dan nada dering yang dapat diunduh



1 comment: