Wednesday, September 5, 2012

Manajemen Keuangan Perusahaan Multinasional (MNC)

A.    Tujuan MNC
Tujuan sebuah MNC secara umum adalah memaksimumkan kekayaan pemegang saham. Jika tujuannya adalah untuk memaksimumkan laba di masa depan, kebijakan-kebijakan perusahaan mesti berbeda dengan kebijakan yang mungkin dikeluarkan seandainya tujuannya adalah untuk memaksimumkan kekayaan pemegang saham.

1.      Konflik-konflik yang Menghalangi Pencapaian Tujuan MNC
       a.      Agency Problem, yaitu konflik kepentingan antara pemegang saham perusahaan dengan manajer-manajernya.
       b.      Agency Cost
            Biaya dari konflik tersebut (yaitu agency cost) demi memastikan agar manajer-manajer memaksimumkan kekayaan pemegang saham biasanya lebih besar bagi perusahaan-perusahaan multinasional daripada bagi perusahaan domestik murni karena alasan berikut :
      ·      Perusahaan-perusahaan multinasional yang memiliki anak-anak perusahaan di seluruh dunia mungkin menghadapi agency problem yang lebih besar karena sulitnya memonitor manajer-manajer dari anak-anak perusahaan yang letaknya jauh dari negara asal.
      ·      Manajer-manajer anak perusahaan luar negeri yang tumbuh dalam budaya yang berbeda mungkin tidak mau mengejar tujuan yang seragam.
      ·      Besarnya ukuran dari perusahaan multinasional raksasa juga bisa menciptakan agency problem yang besar.

2.      Kendala-kendala yang dihadapi MNC
      a.       Kendala Lingkungan
            Sejumlah Negara mungkin mengenakan lebih banyak restriksi atas anak perusahaan yang induknya berbasis di luar negeri. Izin usaha, ketentuan-ketentuan mengenai pembuangan limbah produksi, dan perangkat-perangkat pengendali polusi adalah sejumlah contoh restriksi yang memaksa anak perusahaan mengeluarkan biaya tambahan.

     b.      Kendala Regulatori
           Tiap negara juga memiliki karakteristik-karakteristik regulatori yang unik menyangkut pajak, aturan-aturan konversi valuta, pengembalian laba, dan regulasi-regulasi lain yang dapat mempengaruhi arus kas anak perusahaan. Karena regulasi-regulasi ini dapat mempengaruhi arus kas, regulasi-regulasi ini harus dipertimbangkan oleh manajer-manajer keuangan pada saat merancang kebijakan.

    c.       Kendala Etika
          Tidak ada standar etika bisnis yang seragam dan berlaku bagi semua negara. Suatu praktek bisnis yang dianggap tidak etis di suatu negara bisa saja dianggap etis di negara lain.

B.    Teori-teori Bisnis Internasional
      1.      Teori Keunggulan Komparatif Klasik (Theory of Comparative Advantage)
            Teori yang menyatakan bahwa masing-masing negara memiliki keunggulan untuk berspesialisasi dalam produk-produk yang bisa diproduksi dengan biaya yang relatif efisien.

      2.      Teori Pasar Tidak Sempurna
            Teori yang menyatakan bahwa karena adanya biaya dari transfer tenaga kerja dan sumber daya lain bagi tujuan produksi, perusahaan mungkin berupaya menggunakan faktor-faktor produksi luar negeri jika faktor-faktor ini lebih murah daripada faktor-faktor lokal.

3.      Teori Siklus Produk (Product cycle theory)
      Teori yang menyatakan bahwa sebuah perusahaan awalnya berusaha memantapkan dirinya dalam pasar lokal dan kemudian berekspansi ke dalam pasar luar negeri sebagai reaksi terhadap permintaan asing atas produk-produknya.

C.    Peningkatan Globalisasi
Faktor pendorong globalisasi adalah :
1.      Penurunan tarif dan hambatan lain yang dikenakan oleh pemerintah negara tamu.
2.      Meningkatnya standardisasi produk dan jasa di berbagai negara. Hal ini memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk menjual produk-produknya di negara-negara lain tanpa harus banyak menyesuaikannya dengan kebutuhan lokal.
3.      Swastanisasi
      Swastanisasi adalah pengubahan kepemilikan dari bisnis-bisnis yang tadinya dimiliki pemerintah kepada para pemegang saham swasta dan individu-individu. Swastanisasi telah mendorong pertumbuhan bisnis internasional karena perusahaan-perusahaan asing dapat mengakuisisi badan usaha yang dijual oleh pemerintah.

D.     Metode-metode Bisnis Internasional
      1.      Perdagangan Internasional
            Perdagangan Internasional adalah pendekatan yang relatif konservatif yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mempenetrasi pasar luar negeri (dengan mengekspor) atau untuk mendapatkan bahan baku berharga murah (dengan mengimpor). Metode ini memiliki risiko minimal karena perusahaan tidak mempertaruhkan modalnya. Jika ekspor atau impor perusahaan menurun, perusahaan dapat mengurangi atau membuang segmen ini dari bisnisnya tanpa banyak merugi.

      2.      Perjanjian lisensi (licensing)
           Licensing adalah suatu kesepakatan di mana perusahaan lokal di sebuah negara tamu memproduksi barang-barang sesuai dengan spesifikasi dari perusahaan pemberi lisensi; setelah barang terjual, perusahaan lokal mengambil sebagian laba.

      3.      Perjanjian waralaba (franchising)
            Franchising adalah kesepakatan di mana sebuah perusahaan menyediakan strategi penjualan atau pelayanan tertentu, bantuan, dan mungkin investasi awal kepada franchise dengan imbalan fee secara periodik.

      4.      Usaha patungan (joint venture)
            Adalah suatu usaha yang dimiliki dan dioperasikan secara bersama oleh 2 perusahaan atau lebih.

     5.      Akuisisi perusahaan asing
           Adalah salah satu cara untuk memasuki pasar asing yang memungkinkan sebuah perusahaan mengendalikan bisnis luar negerinya secara penuh, dan mendapatkan pangsa pasar dalam jumlah besar secara cepat.

6.      Pembentukan anak perusahaan baru di luar negeri
      Pembentukan anak perusahaan mungkin lebih disukai daripada akuisisi karena operasi anak perusahaan dapat dirancang langsung sesuai kebutuhan perusahaan induk. Selain itu, investasi yang diperlukan mungkin lebih kecil dari investasi yang dibutuhkan bagi akuisisi perusahaan yang telah ada. Namun perusahaan tidak akan mendapatkan pengembalian secara cepat sampai anak perusahaan beroperasi dan memiliki basis pelanggan.










3 comments:

  1. Permit me to introduce you to LE-MERIDIAN FUNDING SERVICES. We are directly into pure loan and project(s) financing in terms of investment. We provide financing solutions to private/companies seeking access to funds in the capital markets i.e. oil and gas, real estate, renewable energy, Pharmaceuticals, Health Care, transportation, construction, hotels and etc. We can finance up to the amount of $900,000,000.000 (Nine Hundred Million Dollars) in any region of the world as long as our 1.9% ROI can be guaranteed on the projects.
    Le-Meridian Funding Service.
    (60 Piccadilly, Mayfair, London W1J 0BH, UK) Email Contact Info...lfdsloans@lemeridianfds.com

    ReplyDelete
  2. We can help you with your application. You can BORROW any amount and use it to pay off all your debts, speak to us and we will assist you. If you where turned down we welcome you to re-apply with us. Try us for real service. We will review the application and keep you informed every step.

    • Loans For Any Purpose?
    • Apply Instantly Now?
    • Your Money In 24 Hours?
    • No Personal Credit CHECKS

    Apply for no credit check loan We are standing by to finance your dream. For more info email us with your loan informations at: opploansLLC@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Materi ini sumber buku darimana ka?

    ReplyDelete