Analisis SWOT : Pendekatan
Analisis Internal TradisionalAnalisis SWOT merupakan teknik
histories yang terkenal dimana para manajer menciptakan gambaran umum secara
cepat mengenai situasi strategis perusahaan.
A.
Strength (Kekuatan)
Strength merupakan sumber daya
atau kapabilitas yang dikendalikan atau tersedia bagi suatu perusahaan yang
membuat perusahaan relatif lebih unggul dibandingkan pesaingnya dalam memenuhi
kebutuhan pelanggan yang dilayaninya.
B.
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan keterbatasan
atau kekurangan dalam satu atau lebih sumber daya atau kapabilitas suatu
perusahaan relatif terhadap pesaingnya, yang menjadi hambatan dalam memenuhi
kebutuhan pelanggan secara ekonomi.
C.
Opportunity (Peluang)
Opportunity merupakan situasi
utama yang menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan. Identifikasi atas
segmen pasar yang sebelumnya terlewatkan, perubahan dalam kondisi persaingan
atau regulasi, perubahan teknologi, dan membaiknya hubungan dengan pembeli atau
pemasok dapat menjadi peluang bagi perusahaan.
D.
Threat (Ancaman)
Threat merupakan situasi utama
yang tidak menguntungkan dalam lingkungan suatu perusahaan. Masuknya pesaing
baru, pertumbuhan pasar yang lamban, meningkatnya kekuatan tawar-menawar dari
pembeli atau pemasok utama, perubahan teknologi, dan direvisinya atau pembaruan
peraturan dapat menjadi penghalang bagi keberhasilan suatu perusahaan.
Keterbatasan Analisis SWOT
1. Analisis SWOT dapat terlalu
menekankan kekuatan internal dan menganggap remeh ancaman eksternal.
2. Analisis SWOT dapat bersifat
statis dan berisiko mengabaikan kondisi yang berubah.
3. Analisis SWOT dapat terlalu
menekankan pada satu kekuatan atau elemen strategi.
4. Suatu kekuatan tidak selalu
menjadi sumber keunggulan kompetitif.
v
Matriks
Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman (SWOT)
Matriks
Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman (Strengths
– Weaknesses -Opportunities–Threats — SWOT) adalah sebuah alat
pencocokan yang penting untuk membantu para manajer mengembangkan 4 jenis
strategi, yaitu :
- Strategi SO (Kekuatan-Peluang)
SO strategies memanfaatkan kekuatan internal perusahaan untuk menarik keuntungan
dari peluang eksternal. Secara umum, organisasi akan menjalankan strategi WO,
ST, atau WT untuk mencapai situasi di mana mereka dapat melaksanakan strategi
SO. Tatkala sebuah organisasi dihadapkan pada ancaman yang besar, maka
perusahaan akan berusaha untuk menghindarinya untuk berkonsentrasi pada
peluang.
- Strategi WO (Kelemahan-Peluang)
WO strategies bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan cara mengambil
keuntungan dari peluang eksternal.
- Strategi ST (Kekuatan-Ancaman)
ST strategies menggunakan kekuatan sebuah perusahaan untuk menghindari atau
mengurangi dampak ancaman eksternal.
- Strategi WT (Kelemahan-Ancaman)
WT strategies merupakan taktik defensif yang diarahkan untuk mengurangi kelemahan
internal serta menghindari ancaman eksternal. Sebuah organisasi yang menghadapi
berbagai ancaman eksternal dan kelemahan internal benar-benar dalam posisi yang
membahayakan.
No comments:
Post a Comment