v
Balanced
Scorecard
Balanced Scorecard merupakan
sebuah teknik evaluasi dan pengendalian strategi. Dinamakan Balanced Scorecard karena keyakinan
mengenai kebutuhan perusahaan untuk “menyeimbangkan” ukuran-ukuran finansial
yang sering kali secara eksklusif digunakan dalam evaluasi dan pengendalian
strategi dengan berbagai ukuran nonfinansial seperti kualitas produk dan
layanan konsumen.
v
Jenis-jenis
Strategi
A.
Strategi-strategi Integrasi
Vertikal (Vertical Integration)
1.
Integrasi ke Depan (forward integration), yakni
memperoleh kepemilikan atau kendali yang lebih besar atas distributor atau
peritel. Satu cara yang efektif untuk menerapkan integrasi ke depan adalah
pewaralabaan (franchising).
2.
Integrasi ke Belakang (backward integration), yakni
Mengupayakan kepemilikan atau kendali yang lebih besar atas pemasok perusahaan.
3.
Integrasi Horizontal (horizontal integration), yakni
Mengupayakan kepemilikan atau kendali yang lebih besar atas pesaing.
B.
Stretegi-strategi Intensif (Intensive Strategies)
1.
Penetrasi Pasar (Market Penetration), yakni
Mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk atau jasa saat ini di pasar
yang ada sekarang melalui upaya-upaya pemasaran yang lebih baik. Penetrasi
pasar meliputi penambahan jumlah tenaga penjualan, peningkatan pengeluaran
untuk iklan, penawaran produk-produk promosi penjualan secara ekstensif, atau
pelipatgandaan upaya-upaya pemasaran.
2.
Pengembangan Pasar (Market Development), yakni
Memperkenalkan produk atau jasa saat ini ke wilayah geografis baru.
3.
Pengembangan Produk (Product Development), yakni
Mengupayakan peningkatan penjualan melalui perbaikan produk atau jasa saat ini
atau pengembangan produk atau jasa baru.
C.
Strategi
Diversifikasi (Diversification Strategies)
1.
Diversifikasi Terkait,
yakni Menambah produk atau jasa yang baru namun masih berkaitan.
2.
Diversifikasi Tak Terkait,
yakni Menambah produk atau jasa yang baru namun tidak berkaitan.
D.
Strategi
Defensif
1.
Penciutan (retrenchment), yakni
Pengelompokan ulang (regrouping)
melalui pengurangan biaya dan asset untuk membalik penjualan dan laba yang
menurun. Kadang kala disebut pembalikan
atau strategi reorganisasional.
2.
Divestasi (Divestiture), yakni Penjualan
suatu divisi atau bagian dari sebuah organisasi. Divestasi sering dipakai untuk
mendapatkan modal guna akuisisi atau investasi strategis lebih jauh.
3.
Likuidasi (Liquidation), yakni Penjualan
seluruh aset perusahaan, secara terpisah-pisah, untuk kekayaan berwujudnya.
v
Lima Strategi Generik Michael Porter
Menurut Porter, strategi memungkinkan
organisasi untuk memperoleh keunggulan kompetitif dari 3 landasan yang berbeda,
yakni :
1. Kepemimpinan Biaya (cost leadership)
Menekankan pemroduksian
produk-produk yang distandardisasi dengan biaya per unit yang sangat rendah
untuk para konsumen yang peka terhadap harga.
- Tipe 1 : Strategi biaya
rendah (low-cost) yang menawarkan produk atau jasa
kepada konsumen pada harga terendah yang tersedia di pasar.
- Tipe 2 : Strategi nilai
terbaik (best-value) yang menawarkan produk atau jasa
kepada konsumen pada nilai harga terbaik yang tersedia di pasar.
Sasaran (target) strategi tipe 1
maupun 2 adalah pasar yang besar.
2. Diferensiasi/Pembedaan — Tipe 3
Sebuah strategi yang bertujuan
menghasilkan produk atau jasa yang dianggap unik di industri dan diarahkan
kepada konsumen yang relatif peka terhadap harga.
3. Fokus (Focus)
Memproduksi produk dan jasa yang
memenuhi kebutuhan sekelompok kecil konsumen.
- Tipe 4 : Strategi fokus
biaya rendah (low-cost focus) yang menawarkan produk atau jasa
kepada sekelompok kecil konsumen pada harga terendah yang tersedia di pasar.
- Tipe 5 : Strategi fokus
nilai terbaik (best-value focus) yang menawarkan produk atau jasa
kepada sejumlah kecil konsumen dengan nilai harga terbaik yang tersedia di
pasar.
v Sarana-sarana untuk Mencapai Strategi
- Usaha Patungan/Kemitraan (joint venture)
Adalah strategi populer yang
dijalankan manakala dua atau lebih perusahaan membentuk sebuah persekutuan atau
perkonsian sementara untuk menindaklanjuti peluang tertentu.
- Merger/Akuisisi
No comments:
Post a Comment